Rahasia Perusahaan Sukses

  • kategori : bisnis
  • 4133
Foto Rahasia Perusahaan Sukses

"Bagian tersulit menjadi seorang pengusaha adalah bahwa Anda akan gagal sepuluh kali untuk setiap keberhasilan" - Adam Horwitz

Pernyataan di atas menunjukkan bahwa banyak kesulitan yang akan dilalui seorang pengusaha. Tapi sebuah bisnis akan benar-benar berhasil jika memiliki tampak yang jelas luar dalam akan produk dan pelanggannya

Menurut penelitian Bloomberg salah satu perusahaan analisis keuangan, 8 dari 10 yang memulai bisnis gagal dalam 18 bulan pertama. Alasan dari kegagalan tersebut biasanya karena kehabisan modal, tidak berhasil membuat perbedaan, kegagalan mengkomunikasikan nilai tambah, krisis kepemimpinan dll.. Tapi tahukah Anda alasan terbesar untuk kegagalan bisnis tersebut adalah ketidaksanggupan untuk membuktikan mengapa kegagalan itu ada.

Para peneliti telah menunjukkan bahwa ada perbedaan yang jelas antara perusahaan biasa dan perusahaan yang sukses.

Apa yang perusahaan biasa lakukan?

Mereka mengembangkan produk dan layanan yang memecahkan “APA" yang menjadi tujuan, kurang memperhatikan "BAGAIMANA" produk dan layanan akan bernilai, tanpa memikirkan "KENAPA" produk dan layanan mereka ada.

Apa yang perusahaan sukses lakukan?

Mereka fokus dari dalam ke luar, yaitu dari "KENAPA menuju “APA” dengan memperhatikan “BAGAIMANA"

Perusahaan-perusahaan sukses ada untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka dengan tujuan utama yaitu untuk memberikan nilai bagi pelanggan. Keuntungan moneter di sisi lain hanyalah sebuah konsekuensi dari sebuah penjualan.

Apple, menjadi sangat sukses dan merupakan salah satu merek paling berharga di dunia.

Anda pernah mendengar pidato Steve Jobs saat peluncuran iPhone pertama? Pidato Steve Jobs saat itu adalah gambaran jelas tentang KENAPA dan APA.

Berikut kutipannya dalam Bahasa Indonesia: "Orang-orang ingin pemutar musik, telepon dan organizer dalam satu perangkat [KENAPA], kami di Apple dengan kemampuan dan inovasi [BAGAIMANA] telah membawa teknologi ini bersama-sama dan mengembangkan ponsel musik yang indah dengan organizer termuat di dalamnya. [APA]"

Cara Steve telah mengkomunikasikan tujuan sebenarnya dari produk tersebut. Pidato tersebut adalah cara yang tepat untuk menunjukkan tujuan sebenarnya dari sebuah produk.

Pelanggan akan lebih mudah menyadari dan mengingat "KENAPA" produk / jasa itu dikembangkan, "BAGAIMANA" itu akan memecahkan "APA" yang menjadi tujuan.

Maka sangat penting untuk tidak melupakan “KENAPA” disaat Anda sibuk memecahkan “APA” yang menjadi tujuan.

BACA JUGA