Perbaiki bahasa tubuh yang salah

  • kategori : pengetahuan umum
  • 1537
Foto Perbaiki bahasa tubuh yang salah

Apa yang kita katakan dan bagaimana kita mengatakannya itu sangat penting untuk berkomunikasi dengan orang lain. Apa yang kita katakan walaupun hanya sebuah perkataan biasa jika disampaikan dengan baik akan terdengar lebih baik ditelinga orang lain,

Orang-orang pada umumnya berpikir bahwa apa yang diucapakan adalah komponen paling utama dalam berkomunikasi. Nyatanya, menurut peneliti, 60 sampai 90 persen sebuah komunikasi adalah tentang hal-hal yang tidak diucapkan atau bahasa tubuh. Menurut peneliti, wajah kita dapat menghasilkan lebih dari 250 ribu ekspresi yang berbeda, dan tangan dapat membuat lebih dari 5 ribu gerakan.

Dan nyatanya orang-orang masih suka salah dalam menggunakan Bahasa tubuh mereka ketika akan menyampaikan sesuatu dengan pemikiran bahwa tidak ada yang akan peduli dengan Bahasa tubuh mereka. Dan sangat disayangkan banyak komunikasi yang tidak berujung sesuai dengan yang direncanakan karena pemakaian Bahasa tubuh yang salah.

Untungnya bahasa tubuh yang buruk dapat diperbaiki. Caranya hanya sederhana yaitu mencoba lebih sadar dan berhati-hati dalam menggunakan bagian tubuh Anda ketika menyampaikan sesuatu. Dengan praktek yang sering dilakukan tidak mustahil menggunakan Bahasa tubuh yang baik akan menjadi sebuah kebiasaan.

Berikut adalah kesalahan bahasa tubuh umum dan bagaimana supaya Anda bisa perbaiki bahasa tubuh yang salah

1. menghindari kontak mata

Ketika Anda menghindari kontak mata dengan seseorang ketika berbicara, Anda sudah menyampaikan pesan bahwa Anda kurang memiliki kepercayaan pada diri sendiri, Anda merasa tidak nyaman atau Anda takut atau ingin melarikan diri. Anda dapat memperbaiki masalah ini hanya dengan membuat kontak mata dengan orang-orang sedang berkomunikasi dengan Anda.

2. jabat tangan yang lemas

Sangat penting diingat bagi beberapa orang, jabat tangan adalah kesan pertama bagi seseorang. Jika ketika Anda berjabat tangan, tangan Anda lemas, Anda mengirimkan pesan bahwa Anda seorang yang lemah juga. Bersikap tegas ketika berjabat tangan menunjukkan Anda adalah seorang yang tegas juga. tapi hindari berjabat tangan yang mencengkeram.

3. postur tubuh yang lemas

Ketika Anda bungkuk atau menundukkan kepala Anda, Anda sedang mengatakan kepada orang lain bahwa Anda kurang menghargai diri Anda. Berdiri tegak lurus dan tegakkan kepala Anda

4. suara yang lemas

Sementara apa yang Anda katakan penting, bagaimana Anda mengatakan itu dapat memiliki dampak lebih besar pada orang lain dalam sebuah percakapan. Jika suara Anda lemah, maka Anda mungkin tampak terlalu lemah. Berlatih berbicara dengan nada suara yang terdengan jelas dan percaya diri. Anda tidak harus terlalu keras, hanya cukup keras untuk dapat dengan mudah didengar dan dimengerti.

5. senyum palsu

Senyum palsu itu jauh lebih buruk dari tidak tersenyum sama sekali. Jika memang Anda tidak perlu bersenyum lebih baik tidak usah. Senyum yang tulus akan menandakan Anda memberikan sebuah pesan yang otentik dan asli.

6. bersandar lemas

Ketika Anda sedang bersandar lemas ketika sedang berbicara dengan orang lain, Anda mengirimkan pesan bahwa Anda baik tidak menyukai orang tersebut atau Anda tidak tertarik pada apa yang dikatakan orang itu. Seperti di atas, tegakkan badan Anda sehingga Anda terlihat mengikuti percakapan itu.

7. melipat lengan atau menyilangkan kaki

Ketika Anda melipat lengan Anda atau menyilangkan kaki Anda saat berbicara, Anda menunjukkan sikap yang defensif atau Anda sedang menutupi sesuatu. Sebaiknya biarkan tangan Anda terbuka atau Anda bisa meletakkan tangan Anda diatas paha Anda sehingga terlihat bahwa Anda tidak sedang menutupi sesuatu

8. mengalihkan bola mata ke atas, kebawah atau kesamping

Ketika Anda mengalihkan bola mata ke atas, kebawah atau kesamping Anda selama percakapan Anda, Anda memberitahu orang lain bahwa Anda tidak percaya apa dia katakana atau Anda tidak menghargai mereka. Sangat lebih baik jika Anda menganggukkan kepala Anda daripada mengalihkan bola mata Anda yang akan terlihat bahwa Anda mengerti apa yang ia katakana. Persoalan percaya atau tidak urusan belakangan.

9. bermain dengan smartphone Anda

Tindakan ini sudahlah sangat menjamur namun masih banyak yang tidak sadar bahwa bermain dengan smartphone Anda ketika seseorang berbicara dengan Anda adalah sangat tidak sopan. Sebaiknya Anda permisi terlebih dahulu untuk menyelesaikan aktivitas Anda dengan smartphone Anda sebelum lawan bicara Anda melanjutkan apa yang ingin dia katan.

10. berkedip

Ketika Anda meningkatkan intensitas berkedip selama percakapan, Anda mengatakan kepada lawan bicara Anda bahwa Anda sedan gugup atau cemas. Hindari sering berkedip saat berbicara sesuatu yang penting.

11. tidak bisa diam saat orang lain berbicara

Ketika seseorang terus-menerus tidak bisa diam, memainkan kaki atau jari-jari mereka, atau melihat jam tangan mereka, mereka mengirimkan sinyal bahwa mereka sedang bosan dan ingin melakukan hal yang lain. Jika Anda adalah lawan bicara yang baik Anda bisa bertanya apakah percakapan itu dilanjutkan dilain waktu atau mempercepat hal yang ingin Anda katakan.

Semoga bermanfaat..

BACA JUGA