Pelajaran kepemimpinan dari menari

  • kategori : inspirasi
  • 1050
Foto Pelajaran kepemimpinan dari menari

Anda mungkin tipe orang yang takut atau malu menari tengah kerumunan orang-orang, apalagi menari di sebuah pentas di mana orang benar-benar dapat melihat Anda. Anda mungkin tipe orang yang merasa mereka memiliki tubuh yang elastis yang mendukung untuk menjadi seorang penari. Tapi walaupun Anda tidak dilahirkan sebagai seorang penari atau orang yang memiliki kemampuan lebih untuk menari, pada dasarnya semua manusia dapat menari. Yang menarik dalam menari adalah ada pelajaran kepemimpinan yang bisa kita temukan yang mungkin orang-orang tidak sangka. Berikut pelajaran kepemimpinan dari menari. Menyesuaikan diri dengan cepat Seorang penari dituntut untuk menyesuaikan diri dengan gerakan dan irama dengan cepat. Bahkan disaat tarian terasa ringan akan ada saat dimana kita harus merasakan sedikit lelah. Dan sering penari melakukan kesalahan dalam gerakan dan mereka harus mengulangi kembali gerakan tersebut. Disinilah seorang penari harus mampu berangkat dari kesalahan dan menyesuaikan dirinya kembali dengan gerakan yang seharusnya dilakukan. Hal yang sama juga berlaku bagi seorang pemimpin. Kepemimpinan adalah tentang menciptakan kenyamanan dan tantangan Seorang penari yang baik akan berusaha membantu rekan sesama penari lain untuk merasakan kenyamanan untuk menari dengannya dan disaat yang sama akan mencoba seorang penari akan menari sebaik mungkin sehingga rekannya merasa tertantang untuk berusaha menyamakan gerakan dan menyelaraskan tarian mereka.

Kepemimpinan adalah tentang komunikasi yang jelas

Seorang penari yang baik sebelum menari akan berusaha menjalin komunikasi yang jelas dengan sesama penari lainnya sehingga gerakan mereka akan terlihat seirama dan selaras. Semakin jelas komunikasi yang mereka bangun, semakin selaras pula gerakan mereka. Hal yang sama berlaku untuk kepemimpinan, dengan komunikasi yang jelas dengan sesama rekan tim, akan terbangun sebuah keselarasan dalam bekerja, melakukan sesuatu dan meraih sesuatu.

Kepemimpinan adalah mengambil kesempatan jika itu baik

Seorang penari yang benar-benar mencerminkan seorang penari akan selalu mengambil kesempatan untuk menari jika diminta atau jika memiliki kesempatan untuk menari. Begitu juga dengan seorang pemimpin, ia akan selalu mencoba untuk menjadi pemimpin jika diberikan kesempatan.

Pemimpin terbaik juga menjadi pengikut

Cobalah amati sebuah pertunjukan tarian yang dipertunjukkan sebuah kelompok. Di dalam kelompok itu, akan terlihat seorang yang unggul dan memimpin namun penari tersebut juga mengikuti gerakan dari penari lain. Dan kadang penari terbaik juga mengikuti gerakan dari penari lainnya yang mungkin dimata Anda biasa saja. Begitulah kepemimpinan, kadang seorang pemimpina harus mengikuti orang lain untuk hal yang memang bertujuan baik. Karena hal yang baik akan selalu diikuti pemimpin. Disinilah perbedaan antara menjadi subjektif dan objektif.

BACA JUGA