9 trik psikologi ini memberikan cara mempengaruhi pikiran orang lain

  • kategori : pengetahuan umum
  • 7859
Foto 9 trik psikologi ini memberikan cara mempengaruhi pikiran orang lain

Cara mempengaruhi pikiran orang lain

Sebelum saya mulai, sangat penting untuk diketahui bahwa tak satu pun dari metode ini mengajarkan seni hitam akan cara mempengaruhi pikiran orang lain. Apa saja yang mungkin berbahaya atau merugikan harga diri orang lain juga tidak dicantumkan disini. Berikut adalah cara untuk memenangkan teman dan pengaruh orang lain dengan menggunakan trik psikologi tanpa menjadi orang yang buruk atau membuat orang merasa buruk.

Trik 1: Meminta orang lain melakukan sesuatu yang baik untuk Anda

Dulu Benjamin Franklin, Presiden Amerika, pernah ingin memenangkan hati orang yang tidak suka kepadanya. Dia meminta orang itu untuk meminjamkan sebuah buku langka dan ketika dia menerima buku itu, Benjamin Franklin sangat berterima kasih kepadanya. Akibatnya, pria yang sebelumnya tidak pernah mau berbicara kepada Benjamin Frankin, lalu menjadi teman baiknya. Mengutip Franklin: "ia yang sekali dilakukan Anda kebaikan akan lebih siap untuk melakukan Anda lain daripada dia yang telah Anda sendiri wajib."

Ilmuwan memutuskan untuk menguji teori ini dan menemukan bahwa mereka yang diminta oleh peneliti untuk bantuan untuk memberikan nilai survey yang baik ternyata memberikan nilai survey yang baik kepada si peneliti daripada yang lain. Kelihatannya seperti tidak masuk akal, tetapi teorinya sepertinya benar. Jika seseorang melakukan kebaikan bagi Anda, mereka cara langsung sudah merasionalisasikan bahwa Anda layak untuk dibantu dan ada rasa ketertarikan yang membuat mereka membantu Anda.

Trik 2: Meminta sesuatu yang lebih tinggi untuk pertama kali, dan turunkan permintaan Anda pada saat kedua kali

Anda mulai dengan mengajukan permintaan yang sangat berat pada seseorang untuk pertama kali— permintaan Anda kemungkinan besar akan ditolak. Saat Anda ditolak segera meminta sesuatu yang jauh lebih ringan — permintaan yang sebenarnya ingin Anda ajukan. Ide di balik trik ini adalah bahwa orang akan merasa tidak enak karena menolak permintaan pertama Anda meskipun sulit untuk dilakukan, sehingga ketika Anda meminta sesuatu yang masuk akal mereka merasa bahwa mereka mampu dan mempertimbangkan kembali permintaan Anda yang kedua. Kesempatan permintaan itu untuk dipenuhi pun semakin besar.

Ilmuwan menguji trik ini hanya jika permintaan itu adalah untuk kebaikan bersama atau untuk bantuan akan sesuatu.

Trik 3: memanggil nama seseorang, atau gelar mereka tergantung pada situasi

Nama seseorang adalah nada yang paling indah bagi seseorang dalam berbagai bahasa. Nama adalah bagian inti dari identitas dan begitu disuarakan, akan memvalidasi keberadaan kita, yang membuat kita lebih cenderung merasa positif bagi orang yang memanggil kita.

Tetapi memanggil seseorang dengan gelar dapat memiliki efek kuat. Idenya adalah bahwa jika Anda bertingkah laku seperti tipe orang tertentu, Anda akan menjadi orang itu. Jika Anda bertingkah laku seperti teman maka Anda akan menjadi teman untuk orang itu. Contoh sederhana seperti memanggil seorang kenalan Anda yang Anda ingin menjad lebih dekat dengan "teman” setiap kali Anda melihat mereka. Atau memanggil atasan Anda dengan “boss”. Tapi Anda harus berhati-hati untuk tidak memakai trik ini secara berlebihan.

Trik 4: Memberikan pujian akan membawa Anda ketempat yang Anda inginkan

Penting untuk dicatat bahwa jika pujian tidak dilihat tulus, akan melakukan lebih banyak ruginya daripada baiknya. Namun peneliti telah mempelajari motivasi di balik tanggapan atas pujian dan menemukan beberapa hal yang sangat penting.

Sederhananya, mereka menemukan bahwa orang cenderung untuk mencari keseimbangan akan kesadaran diri, mereka berusaha untuk selalu menjaga pikiran dan perasaan yang diatur dalam cara yang sama. Jadi jika Anda memuji seseorang yang memiliki harga diri yang tinggi dan itu dilihat tulus maka mereka cenderung akan menyukai Anda karena Anda sudah memvalidasi bagaimana perasaan mereka tentang diri mereka sendiri. Namun, jika Anda menyanjung seseorang yang rendah diri, ada kesempatan ini bisa menjadi bumerang dan menyebabkan mereka kurang menyukai Anda karena ini bertentangan dengan bagaimana mereka memandang diri mereka sendiri. Tapi ini bukan berarti Anda boleh merendahkan orang lain dengan pujian.

Trik 5: Bercermin pada perilaku orang

Orang-orang dengan keahlian ini dianggap seperti Bunglon; mereka mencoba untuk menyatu dengan lingkungan mereka dengan menyalin perilaku orang lain dan bahkan cara berbicara.

Para peneliti mempelajari dan menemukan bahwa orang-orang yang memimik orang lain kemungkinan besar untuk bertindak positif terhadap orang yang telah mereka mimik. Dan karena kesamaan yang membuat seseorang menjadi dekat sehingga memudahkan Anda mempengaruhi pikiran orang itu. Berangkat dari sebuah kesamaan akan memudahkan dua orang untuk menerima hal-hal baru yang mungkin sebelumnya Anda ingin orang itu terima.

Trik 6: Meminta sesuatu ketika orang itu sedang lelah

Ketika seseorang lelah mereka lebih rentan terhadap segala sesuatu yang orang lain katakan baik itu pernyataan atau permintaan. Alasannya adalah ketika seseorang lelah secara fisik, mentalnya pun akan ikut lela. Ketika Anda mengajukan permintaan pada seseorang yang lelah, Anda mungkin tidak direspon atau bisa saja orang itu berkata "besok aja ya" karena mereka tidak mau berurusan dengan keputusan pada saat tersebut. Keesokan harinya, mereka tidak mungkin untuk menolak karena orang-orang cenderung untuk menetapi janji mereka.

Trik 7: Mulai dengan mengajukan sesuatu yang mereka tidak bisa tolak dan lanjutkan ke permintaan yang lebih besar

Daripada memulai dengan sesuat yang besar, Anda bisa mulai dengan hal yang kecil. Setelah seseorang telah berkomitmen untuk membantu Anda atau menyetujui sesuatu, besar kemungkinan untuk menyetujui pengajuan yang lebih lebih besar. Namun ada baiknya jangan terlalu singkat Anda mengajukan sesuatu setelah yang pertama karena mereka bisa berpikir bahwa Anda keterlaluan.

Trik 8 : Jangan langsung mengoreksi seseorang ketika mereka salah

Ide di balik ini cukup sederhana: tidak perlu berdebat, mendengarkan apa yang mereka katakan, dan kemudian berusaha untuk memahami apa yang mereka rasakan dan mengapa. Setelah mereka berbicara, jelaskan kesamaan yang Anda bbagi dengan mereka dan menggunakannya sebagai titik awal untuk menjelaskan posisi Anda atau kepentingan Anda. Hal ini akan membuat mereka lebih mungkin untuk mendengarkan apa yang Anda ingin katakana dan memungkinkan Anda untuk mengoreki mereka tanpa mereka harus menjadi malu.

Trik 9: Mengangguk lebih sering saat Anda berbicara terutama ketika pembicaraan mengarah pada meminta bantuan

Para peneliti menemukan bahwa ketika orang mengangguk sambil mendengarkan sesuatu, mereka lebih cenderung setuju pembicaraan itu. Mereka juga telah menemukan bahwa ketika seseorang mengangguk-angguk di depan lawan bicara, kemungkinan besar si lawan bicara akan melakukan hal yang sama. Hal ini dapat dimengerti karena secara alami manusia suka meniru perilaku, terutama pada hal-hal yang positif. Jadi jika Anda ingin jadi lebih meyakinkan, mengangguklah secara teratur disepanjanga percakapan. Lawan bicara Anda perlahan akan ikut mengangguk juga dan tanpa mereka sadari mereka akan mulai merasa ikut setuju dengan percakapan Anda.

Semoga cara mempengaruhi pikiran orang lain di atas dapat Anda gunakan untuk hal-hal positif karena umumnya cara mempengaruhi pikiran oran lain tersebut bekerja untuk hal-hal positif. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA