7 kebohongan yang sering dilakukan staff HRD saat interview

  • kategori : bisnis
  • 5006
Foto 7 kebohongan yang sering dilakukan staff HRD saat interview

Mereka mungkin tidak sadar bahwa mereka sedang melakukan kebohongan. Jadikan ini tips saat interview.

Apakah Anda sadar bahwa interview itu kerap kali menyebabkan dilema yang kadang memberikan kontradiksi di dalam pikiran bahwa kita suka berpikir bahwa orang yang menginterview kita sedang melakukan kebohongan kepada kita padahal kita belum bekerja untuk orang atau perusahaan tersebut?

Sebagai contoh sederhana, staff HRD yang menginterview kita suka berkata “Kami akan menghubungi Anda dan memberitahukan hasil penilaian kami” dan ternyata Anda tidak pernah mendapat kabar lebih lanjut. Sebenarnya mereka itu hanya beralasan, dan yang sebenarnya mereka ingin katakan adalah “Kami kurang begitu terkesan dengan hasil interview Anda tapi kami mempertimbangkan Anda sebagai alternatif jika kami tidak menemukan kandidat lebih baik”. Faktanya ini sering terjadi dan inilah salah satu kebohongan yang sering dilakukan staff HRD saat interview.

Hasil interview Anda bagus dan kami terkesan tapi kami masih harus menginterview kandidat lain”… Coba pikirkan lagi. Jika memang mereka terkesan dengaan Anda kenapa mereka harus memberitahukan kepada Anda bahwa mereka masih harus menginterview kandidat lain? Apakah ini sebuah alasan bahwa mereka masih ragu dengan Anda? Lalu kenapa harus berpura-pura memberitahukan hasil interview Anda bagus? Sebenarnya ini adalah alasan bahwa mereka mengganggap Anda sebagai kandidat potensial tapi mereka tidak terkesan dan puas secara keseluruhan dan masih mencari kandidat yang lebih baik.

Kami sangat mengagumi profil Anda dan kami sangat mempertimbangkan profil Anda kalau bukan untuk posisi ini mungkin untuk posisi lain yang kami anggap cocok”… Jika mereka berkata seperti itu kepada Anda, kemungkinan besar Anda tidak layak untuk posisi yang Anda lamar..Ini hanyalah sebuah alibi untuk mengatakan tidak dan mungkin saja Anda dipanggil untuk posisi lain yang belum tentu Anda incar dan suka.

Kami akan coba ajukan ekspektasi gaji Anda dengan pertimbangan pengalaman yang Anda miliki”. Memang umumnya pengalaman sering dijadikan faktor untuk penentuan gaji tapi tidak selamanya pengalaman harus menjadi standar. Faktanya, sebelum sebuah perusahaan melakukan rekrutmen, mereka sudah menentukan budget gaji untuk posisi yang akan diisi. Dan pengalaman yang selalu dijadikan alasan oleh HRD untuk menawarkan gaji dibawah yang Anda harapkan jika pengalaman Anda masih kurang bagi mereka. Baiknya sebelum Anda menghadiri interview, Anda sudah mencari tahu tentang posisi dan standar gaji untuk posisi tersebut sehingga Anda tidak bisa dibohongi atau dicurangi dan Anda bisa melakukan negoisasi dengan baik.

Kami sedang memutuskan penawaran gaji yang tepat, kami pasti mengontak Anda saat kami sudah memutuskan gaji yang tepat untuk Anda”.. Logikanya, jika perusahaan itu memiliki rekrutmen yang handal sudah pasti penentuan gaji dilakukan sebelum interview. Inilah salah satu kebohongan yang suka dikatakan staff HRD yang bisa memberikan sinyal kepada Anda bahwa ada sesuatu yang salah. Biasanya mereka suka mengulur-ulur dan menjadikan ini sebagai strategi untuk menurunkan ekspektasi gaji Anda yang seharusnya Anda pantas dapatkan.

“Anda akan menemukan suasana bekerja yang baik di perusahaan kami atau di perusahaan kami bebas dari politik kantor”.. Jangan termakan dengan omongan ini. Faktanya, dimana ada kompetisi disitulah awal terjadinya sebuah politik. Politik yang baik adalah politik yang bekerja untuk visi yang sama atau cerminan kompetisi yang sehat. Hampir semua yang menginterview selalu ingin memberikan gambaran yang positif akan perusahaan yang sedang dilamar dan disinilah Anda harus cerdas untuk mencari tahu tentang perusahaan itu.

Kami memberikan banyak benefit bagi karyawan kami”.. Jangan ditelan-telan mentah omongan ini, walaupun kelihatanya memberikan motivasi dan baik tapi jika pernyataan ini diucapkan tanpa fakta dan detil, Anda tidak akan pernah tahu. Fakta dan detil lebih berarti daripada kata-kata. Pastikan Anda mencari tahu benefit yang ada di perusahaan itu atau bertanya langsung kepada HRD.

Semoga artikel menarik tentang 7 kebohongan yang sering dilakukan staff HRD saat interview ini memberikan Anda tips saat interview. Be smart..

BACA JUGA