5 pelajaran berharga dari mempelajari skill baru

  • kategori : inspirasi
  • 516
Foto 5 pelajaran berharga dari mempelajari skill baru

Ketika kita mencoba untuk belajar sesuatu yang baru kadang kita merasa bersemangat awalnya dan sering juga tidak memenuhi ekspektasi kita di awal tadi karena tidak memiliki pengalaman untuk segera berada pada level yang kita inginkan.

Yang menjadi tantangan adalah bagaimana menjaga rasa semangat dan tertarik kita walapun pada awalnya sepertinya ekspektasi kita tidak akan terpenuhi. Berikut adalah beberapa pelajaran berharga yang saya dapati saat saya mencoba mempelajari skill baru yang mungkin berguna untuk Anda.

1. Langkah awal selalu menjadi bagian yang paling sulit Apapun skill atau kemampuan baru yang ingin kita pelajari, langkah awal selalu menjadi yang tersulit. Seperti seseorang yang ingin belajar bermain selancar, mencoba untuk berselancar dengan keseimbangan dan mengikuti arus ombak terasa sangat sulit tapi disaat Anda berhasil pertama kali Anda jadi bersemangat. Nah semangat inilah yang harus Anda jaga karena disaat Anda melewati batu loncatan pertama secara alami Anda akan mencoba untuk melewati batu loncatan kedua. Yang paling penting adalah jangan berhenti.

2. Menjaga keseimbangan sangat penting Seperti berselancar, menjaga keseimbangan sangatlah penting. Sama juga halnya saat mempelajari skill baru, walaupun Anda harus tetap menjaga semangat dan determinasi, Anda harus menyeimbangkan waktu dan hidup Anda serta aktifitas lainnya. Memang mendedikasikan diri Anda untuk mempelajari skill baru itu bagus tapi bukan berarti Anda harus mendedikasikan semua waktu Anda.

3. Semakin lama Anda mencoba mempelajari skill baru semakin tajam pula skill Anda. Menurut sebuah penelitian dibutuhkan 10.000 jam untuk menguasai skill apapun dan setelah Anda melewati 10.000 jam tersebut Anda akan merasakan sebuah hasil yang sangat signifikan. Mempelajari skill baru bukanlah tentang seberapa cepat Anda menguasai tapi seberapa jauh hasil yang bisa Anda raih dari mempelajari skill baru tersebut

4. Dengan semakin terlatih, Anda akan cenderung semakin menikmatinya. Ketika Anda mendapatkan sesuatu yang lebih baik Anda pasti akan semakin menikmatinya. Yang membuat orang bosan bukan karena sudah terlatih tetapi karena mereka terjebak di level atau tingkat kemahiran yang sama. Jangan sampai Anda terjebak dikeadaan ini. Tingkat skill atau kemampuan harus meningkat jika Anda ingin terus menikmatinya.

5. Semakin Anda nikmati, semakin kurang Anda akan menganggap latihan itu sebagai beban Dan yang terpenting disini adalah mencoba menikmati setiap latihan yang Anda lakukan untuk mempelajari skill baru. Orang-orang sering mengganggap bahwa latihan itu adalah beban yang harus dipikul yang akan membuat orang lama-lama menjadi jenuh.

Jika skill yang Anda latih tersebut sangat penting untuk hidup Anda, maka nikmatilah saat Anda melakukan latihan untuk mempertajam skill Anda.

BACA JUGA